Jumat, 05 Oktober 2012

Nusa Indah Putih

Bunga satu ini namanya berkibar di era 70-an. Di halaman rumah, kantor, atau hotel dan sebagainya terlihat tanaman perdu yang rimbun dengan bunga merah yang menawan hati. Apalagi tanaman ini cukup mudah ditanam, sehingga dalam tempo cepat berkembang ke mana-mana. Ketika itu boleh dibilang booming-nya bunga nusa indah, yang dikenal pula dengan sebutan cangkok mas atau daun putri.



Bagaimana kabar nusa indah sekarang? Dewasa ini, orang lebih suka satu pohon dengan banyak warna bunga atau jenis buah. Misalnya satu batang pohon mangga dengan tiga jenis buah mangga yang berbeda, atau satu batang tanaman bougenvil dengan ragam warna bunga merah, putih, kuning, orange, dan sebagainya. Ada juga satu batang kamboja Jepang dengan bunga merah, putih, kuning, dan sebagainya. Tak ketinggalan tanaman nusa indah, satu batang dengan bunga berwarna merah, putih dan orange.

TEMPAT TERBUKA 
Tanaman nusa indah (Mussaenda Erythrophylla) bukan asli dari negeri kita. Asalnya dari Kongo dan termasuk famili Rubiaceae yang tergolong tanaman perdu. Tinggi batangnya mencapai 2 - 3 meter dengan banyak ranting, berdaun tunggal namun rimbun, duduk daun berhadapan, bertangkai, dengan bentuk daun bulat telur hingga lanset dan ujungnya runcing.

Jika diamati, yang tampak seolah-olah seperti bunga ­ warna putih, merah jambu dan orange, dan merah terang ­ sesungguhnya adalah kelopak daun. Bunga yang sesungguhnya muncul di balik kelopak daun, berwarna putih dengan benang sari kuning. Namun, sering orang salah kaprah, kelopak daun itulah yang telanjur disebut-sebut sebagai bunganya. Ada bunga berwarna merah mencolok, orange, putih ­ yang nantinya direkayasa akan tumbuh mekar dalam satu batang nusa indah.

Bunga nusa indah betina steril, bertangkai putih panjang, dan sedikit menonjol di luar leher mahkota bunga. Sedangkan bunga jantannya bercabang, dengan panjang 3-5 mm. Bunga ini makin lama menjadi buah yang berbentuk bulat memanjang dan ujungnya berparuh.

Tanaman nusa indah sangat cocok ditanam di tempat terbuka dan terkena sinar matahari langsung. Bisa saja ditanam di tempat terlindung, dan masih bisa berbunga, namun kondisi bunganya kurang cerah dan kecil-kecil. Tak heran jika nusa indah lebih pas dihadirkan di halaman rumah. Bisa juga ditanam dalam pot, lalu diletakkan di teras rumah. Sesekali (sekurang-kurangnya 3 hari sekali), keluarkan dari teras untuk menikmati sinar matahari.



0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.